-->

Klub dengan Hutang Terbanyak Menurut UEFA

Manchester United

Klub dengan Hutang Terbanyak Menurut UEFA

Manchester United tercatat sebagai klub sepak bola dengan jumlah utang terbanyak di dunia, yakni mencapai 536 juta euro (Rp 7,5 triliun). Sebuah hal yang menarik dikarenakan pada awal musim ini, Manchester United memecahkan rekor pembelian Paul Pogba sebagai pemain termahal di dunia dengan nilai 105 juta euro. 


LOGO UEFA, UEFA, (UEFA.org)
LOGO UEFA, UEFA, (UEFA)

Data tersebut dirilis oleh Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA). Menurut laporan UUFA, selama tahun 2016, utang Manchester United mengalami kenaikan 25 persen. Hal ini terdapat beberapa faktor yang seperti keluarnya Inggris dari Uni Eropa yang membuat nilai mata uang uang Pound naik.

 
LOGO Manchester United, Manchester United,
LOGO Manchester United, Manchester United, (Allan Slank,flickr)

Meskipun dari laporan keuntungan yang dikeluarkan, Manchester United pada musim lalu memperoleh 521 juta euro, pendapatan terbesar di urutan ketiga setelah klub Real Madrid dan Barcelona. Jumlah utang Manchester United jauh lebih besar daripada Benfica yang menduduki posisi berikutnya, yakni dengan 336 juta euro (Rp 4,7 triliun).

Daftar 10 Klub dengan Hutang Terbesar versi UEFA

1. Manchester United (Inggris), 536 juta euro

2. Benfica (Portugal), 336 juta euro

3. Inter Milan (Italia), 306 juta euro

4. Valencia (Spanyol), 285 juta euro

5. Queens Park Rangers (Inggris), 279 juta euro

6. AC Milan (Italia), 249 juta euro

7. CSKA Moscow (Rusia), 224 juta euro

8. Galatasaray (Turki), 222 juta euro

9. Juventus (Italia), 209 juta euro

10. AS Roma (Italia), 208 juta euro


Meski demikian, menurut laporan UEFA menekankan bahwa jumlah utang juga harus dibandingkan dengan pendapatan dan nilai aset klub. Dalam hal ini, Manchester United tidak dalam risiko besar mengingat pendapatan tahunan klub pada 2015 mencapai 521 juta euro (Rp 7,3 triliun). Pada tahun 2016, Manchester United melaporkan telah menerima pendapatan senilai 535 juta poundsterling (sekitar Rp 8,2 triliun). Jumlah ini tentu sudah bisa menutupi total utang klub asal Inggris tersebut. 


Hal yang mengkhawatirkan dialami oleh klub Inggris, Queens Park Rangers (QPR) yang bermain di Divisi Championship, Utang mereka berjumlah 250 persen dari hasil pendapatan, dan 480 persen dari aset jangka panjang klub tersebut. Kondisi yang sama juga dialami oleh klub Turki, Fenerbahce yang memiliki utang 166 juta euro yang notabene adalah 610 persen dari aset klub. Klub asal Italia menjadi yang terbanyak dengan total 4 klub yang masuk dalam 10 klub dengan hutang terbesar versi UEFA.

Sehingga dari dasar hutang setiap klub, Dibuatnya aturan Financial Fair Play (FFP) dimaksudkan UEFA yang telah berjalan untuk menekan jumlah pengeluaran setiap klub sepak bola di Eropa sehingga tidak banyak klub yang mengeluarkan biaya lebih besar dari pendapatan dalam hal gaji ataupun pembelian pemain yang dapat merugikan klub tersebut. (cpe/aka)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel