-->

Transportasi Menuju Kota Blitar Ala Anak Blitar (Penulis)

Transportasi Kota Blitar


Jalur dan Angkutan Umum Menuju BlitarKota Blitar merupakan kota yang terletak di Jawa Timur di sisi selatan yang berbatasan dengan Kabupaten Blitar di sepanjang sisi wilayahnya (Barat, Timur, Utara, Selatan) sehingga untuk mencapai kota Blitar pengunjung ataupun wisatawan harus melewati Kabupaten Blitar ketika melakukan perjalanan ke kota Blitar ketika menggunakan transportasi umum ataupun pribadi sedangkan Kabupaten Blitar berbatasan dengan Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Malang dan Kabupaten Kediri

Kota Blitar dijuluki Sebagai Kota Proklamator dikarenakan di Kota ini dimakamkan Proklamator Bung Karno selain Makam Bung Karno ada berbagai tempat wisata di Blitar yang dapat dikunjungi oleh pengunjung yang datang ke Kota Blitar, selain itu terdapat perguruan tinggi di Blitar yang menjadi tempat bagi siswa dari beberapa daerah menempuh pendidikan. 


Akses Transportasi menuju ke Kota Blitar melalui jalur darat yang terdiri dari Angkutan Umum (Bis, Elf, Kereta Api) dan Angkutan Pribadi.

Kereta Api Tujuan Blitar
Kereta Api Penataran (flickr)
    Para pengunjung dapat menggunakan Kereta Api yang melewati Blitar dan Turun di Stasiun Blitar untuk mencapai Kota Blitar, untuk jalur dari Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan (Bangil), Malang, Kepanjen, Sumberpucung, Kesamben, Wlingi, Talun, Garum, Blitar dapat menggunakan Kereta Api Penataran untuk tujuan Stasiun Blitar


Bagi penumpang untuk jalur Kereta Api Surabaya, Sidoarjo (Krian), Mojokerto, Jombang, Nganjuk (Kertosono), Kediri, Tulungagung dapat menggunakan Kereta Api Rapih Dhoho tujuan Stasiun Blitar. Tiket Kereta Api dari Surabaya ke Blitar dengan tarif lima belas ribu rupiah menjadi favorit bagi wisatawan ketika berkunjung ke Blitar.  


Tiket Kereta Api Penataran dan Rapih Dhoho dapat dipesan 7 hari sebelum keberangkatan sehingga kita dapat mempersiapkan jauh-jauh hari ketika akan berkunjung ke Kota Blitar, sedangkan untuk jadwal keberangkatan dapat dilihat di Jadwal Kereta Api Penataran.



Sedangkan untuk Jalur Kereta Api Rute Jarak Jauh seperti dari Jakarta, Bandung, Jogja dapat menggunakan Kereta Api Gajayana, Kereta Api Majapahit, Kereta Api Matarmaja, Kereta Api Malabar, Kereta Api Kahuripan tujuan Malang yang berhenti di Stasiun Blitar, tiket kereta api jarak jauh dapat dipesan cukup lama sebelum keberangkatan sehingga dapat menabung ataupun mengatur waktu ketika berencana datang ke Blitar.

Bis Rukun Jaya Tujuan Blitar
Bus Patas Rukun Jaya/Surabaya-Pare-Blitar (porukunjaya)
Bagi Pengunjung ataupun Wisatawan yang menggunakan Jalur Bis dapat melewati Jalur Malang dan Jalur Kediri (Pare), untuk Jalur Malang dapat menggunakan Bis yang menuju Ke Kota Blitar dari Terminal Arjosari dan Turun ke Pertigaan Herlingga Kota Blitar yang lebih dekat ke pusat kota ataupun Terminal Kota Blitar yang berada di sisi selatan Kota Blitar. 

Untuk transportasi dari stasiun Blitar ke kampung coklat bagi yang akan berkunjung ke Kampung Coklat ataupun Pantai Tambak Rejo, wisatawan dapat menggunakan transportasi umum yang ada di depan stasiun seperti; ojek pangkalan, ojek online, mobil carter, dokar, becak, angkutan lingkungan (bajaj) sedangkan bagi pengguna transportasi bis disarankan turun di Terminal Bis Kota Blitar. 
Dari Terminal Patria Kota Blitar untuk menuju Kampung Coklat dan Pantai Tambakrejo dapat menggunakan transportasi umum seperti ojek online, ojek pangkalan maupun angkutan sewa. 


Bis yang dapat dinaiki dari Malang ke Blitar biasanya penulis memakai Bis Tentrem, Restu, Harapan Baru, Medali Emas, Bagong, Harapan Jaya dan beberapa bus lain yang menuju Kota Blitar. 
Sedangkan untuk Bus Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta dapat menggunakan Bus Jarak Jauh yang turun di Terminal Blitar ataupun Bus Patas seperti; Rosalia Indah. 




Sedangkan dari Kota Malang Penumpang dapat naik dari terminal Arjosari maupun terminal Gadang, biasanya di daerah Kacuk di dekat terminal Gadang penulis menanti bis menuju Kota Blitar.
Transportasi Menuju Kota Blitar
Terminal Kota Blitar, (pojokpitu)
Jalur Kediri pengunjung dapat menggunakan Bis Patas seperti; Rukun Jaya, Bis Bagong, Harapan Jaya dari Terminal Purabaya (Bungurasih) Surabaya yang menuju ke Kota Blitar, penumpang dapat turun di pertigaan tanjung ataupun perempatan kawi yang dekat dengan pusat kota Blitar ataupun terminal kota Blitar yang terletak di sisi selatan Kota Blitar. 


Bagi penumpang yang melewati jalur Kediri ada juga jalur yang agak berat yaitu jalur Ngantru merupakan jalur bis ekonomi menuju Trenggalek ketika bis patas sulit ditemui dimana penumpang turun pertigaan Ngantru Tulungagung (Biasanya Penulis menggunakan Bis Harapan Jaya dari Surabaya) dan menggunakan mobil Elf untuk menuju ke Kota Blitar dan turun di Pasar Legi Kota Blitar. 


Namun Mobil Elf ketika malam hari sulit dicari, teman penulis pernah bermalam di ngantru ketika menunggu kendaraan umum ke Blitar. Dari Terminal Kota Blitar juga terdapat Bis yang menuju Nganjuk, Bis Kawan Kita namanya. Penulis dahulu sering mengantarkan orangtua ketika berangkat Madiun naik bis ini, jadi naik Bis Kawan Kita menuju Nganjuk dan Oper Bis untuk menuju ke Madiun. 


Akses Transportasi di Kota Blitar didominasi oleh kendaraan pribadi masyarakat sehingga angkutan umum seperti angkutan kota (angkot) jarang ditemui, biasanya aktif saat liburan dan armadanya sedikit. Transportasi Umum Blitar dapat dikatakan belum seramai Transportasi Umum di Kediri ataupun Malang. 


Ojek Motor dan Becak menjadi alat transportasi yang banyak ditemui di Kota Blitar, transportasi unik dapat yang dijumpai di Kota Blitar yaitu Dokar yang berada di Stasiun Kereta Api Kota Blitar, ditambah dengan keberadaan Angkutan Lingkungan (Angkling) yang dapat menampung beberapa penumpang. Saat Ini Transportasi Online seperti Ojek Online sudah mulai ada di Blitar sehingga pengunjung ataupun wisatawan dapat memiliki alternatif dalam memilih transportasi yang digunakan. 

Berkunjung ke Kota Blitar dan Wisata Blitar dengan Transportasi Publik sangat disarankan meskipun terbatas dikarenakan dapat menikmati keindahan Kota Blitar yang secara administratif merupakan salah satu Kota Kecil di Indonesia. Wisata Blitar saat ini sedang bertumbuh dengan mulai dibukanya tempat Wisata Baru di Blitar yang dikelola oleh Masyarakat Blitar maupun Investor dari Luar Blitar.  


Pengunjung yang berada di Kota Blitar setelah berkunjung di Ikon tempat wisata Kota Blitar Makam dan Perpustakaan Proklamator Bung Karno dapat berkunjung ke Rumah Keluarga Bung Karno (Istana Gebang), Water Park Sumber Udel, Makam Aryo Blitar, Pesanggrahan Djojodigdan, Taman Kebon Rojo, Taman Pecut, Fish Garden selain itu wisatawan dapat juga berkunjung ke tempat wisata di Kabupaten Blitar yang menjadi Ikon wisata seperti; Candi Penataran, Candi Simping, Candi Sawentar, Wisata Kuliner Kampung Coklat, Kebon Kopi Karanganyar, Hutan Rusa Maliran, 
Blitar Park, Kampung Sakura. 

Blitar juga memiliki Pantai-Pantai Laut Selatan Kabupaten Blitar  yang mempesona untuk dikunjungi seperti; Pantai Tambak Rejo, Pantai Peh Pulo, Pantai Gondo Mayit, Pantai Serang, Pantai Jolosutro dan Pantai Pangi  yang menjadi primadona wisata pantai di Blitar. Wisatawan yang datang ke Pantai Tambak Rejo dapat membeli Ikan hasil tangkapan Nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) serta Ikan Asap yang bisa dimakan di Pinggir Pantai. 

Wisatawan dapat menggunakan Transportasi Publik (Ojek Motor), Transportasi Online di Blitar, Carter Mobil ataupun Kendaraan Pribadi dari Kota Blitar, anda juga dapat menikmati Mall Blitar Square yang ada di tengah Kota Blitar. selain itu Pengunjung yang datang ke Blitar juga dapat menikmati kuliner khas Blitar seperti; Pecel Blitar, Pecel Punten, Geti, Es Pleret, Opak Gambir, Jenang, Sirup Blimbing, Es Drop. (cpe/aka)


Baca Juga: 5 Wisata Sejarah di Tulungagung yang Mengagumkan


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel